Hutan Mangrove Memiliki Fungsi Ekologis Yaitu

Hutan Mangrove Memiliki Fungsi Ekologis Yaitu. Mangrove sebagai suatu ekosistem memiliki fungsi ekologi berupa pemecah ombak, mencega abrasi, sebagai produsen makanan bagi makhluk hidup pesisir, serta upaya mitigasi pemanasan global. Luas hutan bakau yang statusnya kritis seluas 637.624 hektare dan seluas 2.673.548 hektare dalam kondisi yang baik.

irfan alwi fungsi hutan mangrove
irfan alwi fungsi hutan mangrove from untuklautku.blogspot.com

Penjelasan tentang fungsi ekologis hutan mangrove juga terdapat di jurnal keluarga sehat sejahtera 12(24). Menghasilkan udang dan kepiting untuk ekspor jawaban ; Hutan mangrove merupakan tempat vegetasi yang dapat melindungi bangunan, tanaman pertanian vegetasi alami dari kerusakan akibat badai atau angin yang bermuatan garam melalui proses filtrasi.

Penjelasan Tentang Fungsi Ekologis Hutan Mangrove Juga Terdapat Di Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera 12(24).

Dalam jurnal tersebut fungsi hutan bakau dikelompokan menjadi tiga yaitu fungsi fisik, biologis, dan ekonomis. Adapun, hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yakni sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan atau berkembang biak binatang laut. Tempat untuk kegiatan ekonomi warga seperti tambak ikan, udang dan garam.

Hutan Mangrove Memiliki Dua Fungsi Yaitu Fungsi Ekologis Dan Fungsi Ekonomis.

Sementara itu, fungsi ekonomis dari adanya hutan mangrove adalah nilai ekonomi dari kayu dan makhluk hidup yang ada di. Namun ternyata hutan bakau juga punya beberapa fungsi dari segi lingkungan yakni untuk menjaga kelestarian alam agar tidak terjadi kerusakan. Sementara di indonesia, adalah negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia, yaitu antara 2,5 hingga.

Adapun, Fungsi Ekologis Dari Hutan Mangrove Yaitu Sebagai Habitat Atau Tempat Hidup, Berlindung, Mencari Makan, Atau Berkembang Biak Hewan Laut.

Hutan mangrove merupakan tempat vegetasi yang dapat melindungi bangunan, tanaman pertanian vegetasi alami dari kerusakan akibat badai atau angin yang bermuatan garam melalui proses filtrasi. Fungsi ekologis dari hutan mangrove yaitu : Selain itu, hutan mangrove dapat berfungsi sebagai stabilisator garis pantai.

Hutan Mangrove Memiliki Fungsi Yang Besar Bagi Kehidupan Manusia.

Salah satu fungsi hutan mangrove adalah dari aspek ekologis. Selain fungsi fisik, hutan mangrove memiliki fungsi secara kimia dimana hal ini berhubungan dengan bagaimana hutan mangrove berperan dalam kegiatan yang bersifat. Dilihat dari segi ekologisnya, hutan mangrove ini memiliki fungsi sebagai berikut:

Dapat Menahan Arus Air Laut Yang Dapat Mengikis Daratan Pantai.

Tempat hidup biota laut, baik untuk berlindung, mencari makan, pemijahan maupun pengasuhan. Mengutip dari dlhk.bantenprov.go.id, beberapa fungsi hutan bakau sebagai berikut: Hutan ini biasa ada di muara pantai, dan seringkali juga menjadi kawasan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.